Minggu, 02 September 2007


Menurut Alkitab dan Al-Qur'an, Adam adalah manusia pertama. Ia beristrikan Hawa (disebut pula Siti Hawa atau Eva/Eve) yang diciptakan dari tulang rusuknya. Selain didalam ajaran Islam pada Kitab Al-Qur'an disebutkan bahwa Adam. As, adalah termasuk golongan Nabi pertama atau pembuka.
Adam dan Hawa diciptakan Tuhan di Surga, dan dikirim ke dunia sebagai hukuman Tuhan, karena terbujuk rayuan setan untuk melanggar peraturan Surga yang dibuat Tuhan, yakni memakan buah terlarang.

Adam menurut tradisi Yahudi dan Kristen
Adam ("tanah" atau "manusia", bahasa Ibrani Standar אָדָם, Adam; "tanah" atau "coklat muda", bahasa Arab آدم, Adam) adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Elohim menurut tradisi keagamaan Abrahamik.
Menurut legenda, setelah diusir dari Taman Eden, Adam pertama kali menjejakkan kakinya di muka bumi di sebuah gunung yang dikenal sebagai Puncak Adam atau Al-Rohun, yang terdapat di Sri Lanka.
Kisah tentang Adam terdapat dalam Kitab Kejadian yang terdapat dalam Torah dan Alkitab, pasal 2 dan 3, dengan sejumlah unsur tambahan dalam pasal 4 dan 5. Beberapa rincian lain tentang hidupnya terdapat dalam kitab-kitab apokrif, seperti misalnya Kitab Yobel, Kehidupan Adam dan Hawa dan Kitab Henokh.
Menurut kisah di atas, Adam diciptakan oleh Allah, "menurut gambar dan rupa kita" (Kejadian 1:26). Ia kemudian ditempatkan dalam Taman Eden yang artinya tanah daratan. Letaknya di hulu sungai Pison, Gihon, Tigris dan Efrat, di sekitar Irak sekarang. Ia kemudian diperintahkan untuk menamai semua binatang, dan kemudian memperoleh seorang istri yang dinamainya Hawa. Adam dan Hawa tinggal di taman dan berjalan bersama Allah. Namun akhirnya mereka diusir dari taman itu karena mereka melanggar perintah Allah untuk tiadk memakan buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.
Setelah diusir dari taman itu, Adam terpaksa bekerja untuk peratma kalinya. Adam dan Hawa mempunyai tiga orang anak yang disebut dalam Kitab Kejadian: Kain, Habil, dan Set. Kitab Yobel menyebutkan dua orang anak perempuan Adam dan Hawa, yaitu Azura, yang menikah dengan saudaranya Set, dan Awan, yang menikah dengan kakaknya Kain. Baik Kitab Kejadian maupun Kitab Yobel menyatakan bahwa Adam mempunyai anak-anak yang lain, namun nama mereka tidak disebutkan.
Menurut silsilah Kitab Kejadian, Adam meninggal dunia pada usia 930 tahun. Dengan angka-angka seperti itu, perhitungan seperti yang dibuat oleh Uskup Agung Ussher, memberikan kesan bahwa Adam meninggal hanya sekitar 127 tahun sebelum kelahiran Nuh, sembilan generasi setelah Adam. dengan kata lain, masa hidup Adam bertumpang tindih dengan Lamekh (ayah Nuh), sekurang-kurangnya 50 tahun.
Menurut Kitab Yosua, kota Adam masih dikenal pada waktu bangsa Israel menyeberangi Sungai Yordan ketika memasuki Kanaan.
Adam

Tidak ada komentar: