Selasa, 29 April 2008


Kabupaten Banjarnegara, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Banjarnegara. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang di utara, Kabupaten Wonosobo di timur, Kabupaten Kebumen di selatan, dan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Purbalingga di barat.
Situs web resmi: http://www.banjarnegara.go.id

Kabupaten BanjarnegaraKabupaten Banjarnegara Geografi
Lebih dari separuh wilayah kabupaten ini merupakan pegunungan. Secara umum Kabupaten Banjarnegara dapat dibagi menjadi 3 zona:
Sungai Serayu mengalir menuju ke timur, serta anak-anak sungainya termasuk Kali Tulis, Kali Merawu, Kali Pekacangan, Kali Gintung dan Kali Sapi. Sungai tersebut dimanfaatkan sebagai sumber irigasi pertanian.
Wilayah kabupaten Banyumas memiliki iklim tropis, dengan curah hujan rata-rata 3.000 mm/tahun, serta suhu rata-rata 20°-26° C.

Zona Utara, adalah kawasan pegunungan yang merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng, Pegunungan Serayu Utara. Di perbatasan dengan Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang terdapat beberapa puncak, seperti Gunung Rogojembangan dan Gunung Prahu. Beberapa kawasan digunakan sebagai obyek wisata, dan terdapat pula tenaga listrik panas bumi.
Zona Tengah, merupakan zona Depresi Serayu yang cukup subur.
Zona Selatan, merupakan bagian dari Pegunungan Serayu. Pembagian administratif
Kabupaten Banjarnegara terdiri atas 18 kecamatan, yang dibagi lagi atas 273 desa dan 5 kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Banjarnegara.
Kota-kota kecamatan yang cukup signifikan adalah: Mandiraja dan Klampok.

Tidak ada komentar: