Selasa, 21 Agustus 2007


Taman Monumen Perdamaian Hiroshima (広島平和記念公園 Hiroshima heiwa kinen kōen) (Hiroshima Peace Memorial Park) adalah taman yang terletak di pusat kota Hiroshima, Jepang yang di dalamnya terdapat berbagai monumen dan museum yang bertujuan untuk mengingatkan umat manusia akan pentingnya perdamaian.
Setiap tahun pada tanggal 6 Agustus pukul 08:15 diadakan upacara mengheningkan cipta yang menghadirkan kelompok musik tiup anak sekolah di Hiroshima dan paduan suara.

Taman Monumen Perdamaian Hiroshima Monumen

Monumen Perdamaian Hiroshima

Artikel utama: Monumen Perdamaian Hiroshima Monumen Anak Korban Bom Atom
Monumen berupa anak perempuan yang sedang merentangkan kedua belah tangan dengan origami burung Jenjang di atasnya. Monumen ini dibuat untuk memperingati kisah nyata anak perempuan bernama Sasaki Sadako yang menderita sakit karena radiasi. Sadako percaya akan sembuh jika bisa membuat lipatan kertas 1.000 burung Jenjang.
Sampai saat ini, anak-anak dari seluruh dunia datang membawa lipatan kertas burung Jenjang ke Hiroshima untuk dipersembahkan di dekat monumen ini. Koleksi lipatan burung Jenjang yang dimiliki monumen ini terus bertambah setiap hari. Beribu-ribu lipatan kertas burung Jenjang diuntai dengan benang panjang atau disusun membentuk gambar burung Jenjang atau pesan perdamaian dunia. Setelah selesai dipamerkan, lipatan kertas burung Jenjang didaur ulang menjadi penunjuk halaman buku, buku catatan, dan cenderamata lainnya.

Monumen Orang Korea Korban Bom Atom
Sekitar 20.000 orang Korea tewas akibat bom atom di Hiroshima yang sebagian besar merupakan pekerja paksa. Monumen selesai dibangun tahun 1970, tapi baru dimasukkan ke dalam taman pada tahun 1999.

Plakat Peringatan
Plakat peringatan terdapat di tengah-tengah taman berbentuk bangunan lengkung. Dari lengkungan yang terbuka bisa terlihat Monumen Perdamaian Hiroshima dan Monumen Api Perdamaian.

Monumen Api Perdamaian
Api pada monumen ini terus menyala sampai planet bumi bebas dari ancaman penghancuran massal.

Genta Perdamaian
Pengunjung dapat membunyikan genta perdamaian berada di dekat Monumen Anak Korban Bom Atom.

Museum

Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima
Museum berisi informasi dan pameran benda-benda peninggalan korban bom atom. Plakat Peringatan, Api Perdamaian dan Monumen Perdamaian Hiroshima bisa dilihat dari koridor yang menghubungkan gedung bagian kiri dan bagian kanan.

Tidak ada komentar: