Selasa, 26 Februari 2008

Muslim Bosnia
Suku Bosnia atau Bosniak (panggilan dalam bahasa asli: Bošnjaci) adalah orang-orang Slavia Selatan yang merupakan keturunan dari sebagian penduduk yang beralih ke agama Islam pada masa Kerajaan Ottoman (abad ke-15 hingga abad ke-19).
Suku Bosnia dinamakan menurut Bosnia, sebuah negara di sebelah barat Balkan. Perlu diperhatikan bahwa orang-orang yang sebelumnya dipanggil Muslim Bosnia adalah orang-orang dari suku Bosnia, namun tidak semua Muslim di wilayah Balkan adalah dari suku ini; ada pula kelompok Muslim Slavia Selatan seperti suku Pomak serta Muslim non-Slavia seperti suku Albania, suku Turki, dan suku Roma.
Mereka sebelumnya disebut suku Muslim sejak tahun 1968 untuk menghilangkan kerancuan. Sebab nama "Muslim" ini merujuk kepada orang dari Bosnia-Herzegovina yang non-Kroasia maupun Serbia, suku bangsa dominan lainnya. Karena orang non Krosia-Serbia ini kebanyakan (tetapi tidak semuanya) beragama Islam, maka nama mereka oleh Josip Broz Tito disebut "Muslim".
Orang-orang dari suku Bosnia menganggap Bosnia-Herzegovina sebagai tanah leluhur mereka. Mereka terutamanya dikaitkan dengan wilayah-wilayah bersejarah Krajina Bosnia, Bosnia, Herzegovina, Podrinje dan Sandzak.
Namun penggunaan nama suku Bosnia ini juga tidak lepas dari kontroversi. Banyak orang-orang Kroasia dan Serbia menyatakan bahwa dengan penggunaan nama ini orang "Muslim" (seolah-olah) mengeklaim seluruh wilayah Bosnia-Herzegovina, padahal penghuni asli Bosnia tidak hanya mereka saja.
Ada sekitar 2,5 juta orang-orang suku Bosnia di seluruh dunia. Kebanyakannya bermukim di Bosnia-Herzegovina (1.800.000). Bahasa yang mereka gunakan bernama bahasa Bosnia.

Tidak ada komentar: