Kamis, 03 Januari 2008

Profesor Cuthbert Calculus
Profesor Cuthbert Calculus (Bahasa Belgia: Professeur Tryphon Tournesol, terjemahan langsung namanya adalah Profesor Tryphonius Bunga Matahari) adalah salah satu tokoh fiksi dalam serial Petualangan Tintin.
Calculus pertama kali muncul dalam cerita 'Harta Karun Rackham Merah', dan merupakan hasil dari usaha bertahun-tahun Hergé untuk menemukan tokoh profesor yang benar-benar gila atau linglung: seperti Dr. Sarcophagus dalam 'Cerutu Sang Pharaoh' dan Profesor Alembick dalam 'Tongkat Raja Ottokar'.

Sifat dan peranan
Hampir selalu berwajah kebingungan dan memiliki pendengaran yang lemah, ia adalah seorang profesor yang menjadi penemu dari banyak alat-alat yang digunakan dalam petualangan Tintin dan teman-temannya. Alat-alat itu antara lain kapal selam berawak tunggal yang berbentuk ikan hiu dan roket pendarat ke bulan dan senjata suara frekwensi sangat tinggi (ultrasound).
Calculus selalu berusaha menghasilkan penemuan baru yang membantu umat manusia, seperti pil yang menyembuhkan penyakit kecanduan alkohol yang bekerja dengan cara membuat alkohol rasanya tidak enak bagi sang pasien. Penemuan-penemuan semacam ini selalu tidak disukai oleh Kapten Haddock, walaupun Calculus seringkali menafsirkan sikap kapten kapal itu sebaliknya: ketuliannya seringkali menghalanginya untuk mendengarkan opini Kapten Haddock sebenarnya. Tetapi, kalau ia sekali waktu mendengar sang kapten (atau orang lain) menyebutnya "seekor kambing tua", Profesor Calculus langsung murka dan berteriak, "Aku kambing tua?"

Tidak ada komentar: